RSS

PENGALAMAN REKRUTMEN D3 OJK PTU




Yaakk, finally ketemu juga kerjaan yang bikin ibu srek ( mungkin karena kata orang, iya kta oramh agak sejahtera dibanding perusahaan plat merah ataupun perusaahaan swasta yang konon memeras energi keringet kita)
Oke, rekrutmen kali ini disponsori oleh kegalauan kmenkeu.
Jelas lah, masih belom kering ini penyesalan karena gabisa nembus 1 nomor, huhuhu tapi namanya Allah punya rencana yang lebih indah dari keinginan kita.
Bahkan Allah ganti dengan yang melebihi DEJEPE kalo kata mas rachmad, (Aaamiin)

Tes 1
Tes administrasi,biasa lah kita daftar online dan ntar diseleksi lagi
TES 2
Rada aneh pas lolos admin, rasanya males banget ikut ini tes psikotes 1
Kenapa? Karena ada aja yang bikin gabisa.
a.       Mau ketemuan sama marketing Catering Nikahan dirumah
b.      Abis itu mau beli apa gitu sorenya
c.       Belum nyetak kartu
Sampe akhirnya, H-1 ditelpon marketing catering kalo dia batalin dateng karena ada sesuatu yang gabisa dia tinggal.
Rasanya murka banget dong...
Aaah tapi yaudahlah mungkin disuruh tes psikotes kali ya *benerbenergadapersiapan
Tes jam 1 siang,
Tapi jam 11 baru sampe stasiun trus cetak kartu 20menit karena si komputer ngga ngdetect fd hufh
Akhirnya di stasiun duduk cantik nunggu kereta,
Aneh kenapa ikut ojk ga sesemangat ini ya, iseng buka map dan web
Kok daerah lokasinya bukan LAN di daerah juanda, ternyata di tanah abang...

Biasa melankolis, langsung netes airmata... suka panik dan hopeless duluan
Nelpon mas rachmad Cuma marah-marah kenapa ga kasih tau kalo didaerah itu.. (siapa yang tes siapa yang disuru nyari lokasi)
Akhirnya nelpon TIAN.. dandari sini semuanya berawal.

Dengan nada tinggi, TIAn bener bener nyaranin cpeet naik kereta jurusan tanah abang padahal aku udh hopeless mau balik. Huahahaha
Atas sarannya ak pun naik kereta (ganti kartu dulu)

Dan ALHAMDULILLAH kereta Cuma 45menit gapake lelet, dan saya pun bisa sampe di lokasi tes 10menit sebelum dimulai

Hap hap hap rencana Allah emang paling indah.
Nah ini bagian tesnya

Sub 1
Pada Sub ini kami diberikan soal hitungan matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian, dan angka-angkanya pun tidak besar, tidak sampe ratusan apalagi ribuan, hanya puluhan saja, hmmmmm bahkan kalau tidak salah ingat hasil perhitungannya’pun tidak sampai 50’an. Nah pada Sub 1 ini kita diberikan waktu 7 menit, kerjakanlah sebaik mungkin dan sefokus mungkin. Dalam 7 menit tersebut kita tidak harus dapat menyelesaikan semua soal tersebut, seberapa kita mampu saja.
Sub 2
Pada Sub ini kami diberikan soal mengenai gambar, gambar tersebut merupakan potongan-potongan gambar. Pada Sub ini ada 6 pilihan ganda. Dari 6 pilihan ganda tersebut, kami harus mencari 2 gambar yang memiliki potongan yang sama dengan soal. Waktu yang diberikan pada Sub ini kalau tidak salah 7 menit juga (rada ingat lupa) :D
Sub 3
Pada sub ini kami diberikan soal mengenai sinonim dan antonim, jadi pada sub ini tidak ada soal hanya ada pilihan ganda a, b, c, dan d. Jadi kami harus mencari sinonim atau antonim 2 dari 4 pilihan tersebut, waktu yang diberikan juga 7 menit. Contohnya seperti : a)putih b)muda c)bersih d)tua jawabannya adalah b dan d, karena 2 pilihan tersebut merupakan antonim, jadi pada lembar jawaban kita yang disilang adalah b dan d. Jika kurang yakin, saya’pun melewatkannya dan melanjutkan ke soal berikutnya :D
Sub 4
Pada sub ini kami diberikan soal gambar lagi, ada 4 gambar di bagian kiri dan tugas kami adalah mencari 2 gambar dari 4 gambar di bagian kanan yang memiliki kesamaan seperi pada gambar di bagian kiri, entah dari jumlah ruas, bentuk, atau posisi. Waktu yang diberikan pada Sub ini paling banyak dibanding Sub sebelum-sebelumnya, yaitu 10 menit.

Krena detailnya sama, dan lupa lupa inget ya kutip aja deh *padalmales

Kutip dari menyez.wordpress.com


Nah kembali ke TES 3,

Tes 3 ada di STEKPI, kali ini psikotest lagi...
Dan kulihat ada yang digugurin tapi ga banyak ya... soalnya peserta masih ribuan lah karena ada 2 sesi dan 2 tempat huhuhu

Nah selain psikotes, ada tes toeflnya juga
Toefl yang diakui Cuma TOEFL ETP resmi gitu,
Karena rata2 punyanya toefl preparation (gagunaaaaalahyaaa) jadilah tetep harus ikut tes

1. Kraepelin
Untuk tips nya bisa digoogling ya triknya (tes koran)


2. Tes Kemampuan penalaran Logis
dicari mana yang paling besar, kecil, tinggi, pendek.

3. Tes Ketelitian
Tips untuk tes ketelitian, diliat baik-baik, dan jangan terburu-buru.

4. Tes Kepribadian
Ini yang paling banyak, isinya tentang tes motivasi kepemimpinan , kerjasamamotivasi , potensi sukses , integritas , kejujuran , tanggung jawab , adaptasi , pengendalian diri , semangat berprestasi , inisiatif , kreatifitas kerja , ketekunan , menghargai orang lain , ketegasan , kepercayaan diri , toleransi , peduli lingkungan , efisiensi kerja . Trik yang paling mudah menurutku adalah selalu berusaha menjadikan diri pribadi yang lebih baik. :D

5. Tes Bahasa Inggris
Tes bahasa Inggris ada 2 jenis model tes yaitu : structure , structure 2 , STRUCTURE/Parallel

6. Pengetahuan Ekonomi Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
Untuk tes tetang OJK, kalian bisa baca-baca webnya resmi OJK . Isinya tentang tugas, fungsi, wewenang, struktur organisasi, dan info up to date tentang OJK.

7. Tes Gambar
Tes terakhir, menggambar ! yang digambar adalah : Wartegg tesgambar pohongambar orang


Jangan lupa minta doa restu mommy ya, banyak kok digoogle tips test psikotestnya. semangat

1 komentar:

kakashi mengatakan...

Aplikasi Informasi Lowongan OJK 2016
Berisi informasi isu terkini jadwal lowongan OJK dan link-link referensi untuk mengikuti dan lolos jadi pegawai OJK 2016.
Tanpa banyak buang waktu, Anda bisa mempelajari trik-trik untuk lolos tes menjadi pegawai OJK.
Download di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pld.lowonganojkp

Poskan Komentar

hey, jangan lupa tinggalkan commentmu yaaa :)

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 erin restriana All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates